• (024) 6723456
  • teknikkomputer@stekom.ac.id

Apa itu sinkronisasi di aplikasi?

Kata sinkronisasi sekarang harusnya sudah menjadi sebuah istilah yang tidak asing lagi bagi generasi muda saat ini. Istilah singkronisasi atau sering dipanggil sinkron sering ditemukan pada aplikasi komputer, smartphone, media sosial, email, kontak telepone dan masih banyak lagi. sinkron adalah sebuah fitur penting dalam penggunaan teknologi terutama ketika menyangkut data. Sebagai contoh pada akun google, Whatshaap, atau akun lainnya untuk menghubungkan data data yang ada di smartphone atau komputer dikirim dan dikumpulkan pada server seperti jika anda menggunakan smartphone android dan menggunakan akun google maka seperti kontak, data aplikasi, game dan lain sebagainya akan di simpat di server. jika terjadi perubahan pada smartphone maka di server juga akan mengalami perubahan.

Pada umumnya terdapat 2 macam sinkronisasi baik di komputer maupun di smartphone yaitu Singkronisasi Manual dan Singkronisasi Otomatis. Secara fungsinya mereka sama, hanya berbeda pada mode sinkronisasi yang diatur oleh pengguna. Akan tetapi pada aplikasi aplikasi saat ini secara default sudah di atur singkronisasi otomatis. Jika pada mode otomatis maka aplikasi akan langsung memperbahari dan membackup data ketika terhubung internet dan sebaliknya jika manual maka kita harus mencari pengaturan dan harus melakukan singkroniasi dengan klik tombol sinkron dan tentu saja setiap aplikasi memiliki letak yang berbeda beda tombol singkronisasinya.  
   
Mengapa anda perlu menyingkronkan data pada aplikasi.

  1. Sinkronisasi data memberi Anda cadangan data Anda yang disimpan di server di Internet. Ini memungkinkan Anda untuk memulihkan semuanya dengan cepat jika terjadi kerusakan atau kehilangan telepon. Selain itu, cadangan ini memungkinkan Anda mentransfer semua data dengan cepat jika membeli perangkat baru.
  2. Dalam kebanyakan kasus, data yang telah disinkronkan dapat diakses melalui situs web. Misalnya, jika Anda telah menyinkronkan daftar kontak di Android, Anda dapat melihatnya menggunakan browser di contacts.google.com.
  3. Jika Anda menggunakan beberapa ponsel Android, sinkronisasi akan memungkinkan Anda memiliki data yang sama di semua perangkat. Misalnya, daftar kontak yang sama, catatan yang sama, entri, pengingat, dll.

Sekarang tidak ada yang terkejut dengan situasi ketika satu orang memiliki beberapa perangkat untuk Android seperti ponsel dan tablet. Pada saat yang sama, mungkin saja meskipun kumpulan aplikasi yang sama diinstal pada masing-masing perangkat ini, mereka memiliki model penggunaan yang sedikit berbeda. Misalnya, telepon digunakan di tempat kerja dan di jalan, dan tablet digunakan sebagai pembaca di samping tempat tidur.

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved