• (024) 6723456
  • teknikkomputer@stekom.ac.id


Tips Meningkatkan Cyber Security 

1. Update software

Salah satu cara meningkatkan cyber security yang paling mudah dan cepat adalah melalui pembaruan software atau perangkat lunak Anda.

Pasalnya, ancaman cyber pada umumnya mentargetkan perangkat dan jaringan yang masih menggunakan software yang sudah usang dan tidak up to date.

2. Ubah kata sandi secara berkala

Brute force attack adalah serangan cyber yang memanfaatkan variasi beribu kata sandi untuk mencoba masuk dan mengakses sebuah sistem.

Nah untuk membatasi peluang serangan ini terjadi dan meningkatkan cyber security Anda, pastikan Anda telah menggunakan kata sandi yang kuat dan tidak mudah ditebak.

Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan kata sandi yang berisi dari gabungan kata, huruf, simbol atau karakter. Hindari penggunaan tanggal ulang tahun atau bahkan nama Anda.

3. Menggunakan VPN

Penggunaan Virtual Private Network (VPN) juga bisa menjadi salah satu cara efektif meningkatkan cyber security atau keamanan cyber perangkat dan sistem Anda.

VPN bekerja sebagai tameng untuk melindungi Anda dari jaringan publik yang rawan akan berbagai ancaman cyber. Cara kerja dari VPS pun juga sebenarnya sangat sederhana.

Semua data yang ditransfer melalui aplikasi virtual private network akan dienkripsi menggunakan simbol-simbol rahasia untuk mendapatkan keamanan lebih.

Dengan demikian, tentunya penggunaan VPN bisa membantu Anda menjaga keamanan sistem, perangkat, dan jaringan dari serangan hacker dan ancaman cyber lainnya.

4. Backup data

Metode dan cara meningkatkan cyber security lainnya adalah melalui backup data sistem, perangkat, dan jaringan secara rutin.

Melakukan backup data akan memungkinkan Anda untuk mengembalikan data dengan lebih mudah ke jaringan dan perangkat setelah terkena serangan cyber.

Dengan backup data rutin, semua informasi dan konfigurasi yang tersimpan di dalam jaringan atau perangkat akan mempunyai cadangan yang bisa Anda akses setiap waktu.

5. Gunakan anti-spam email

Nah untuk menghindari serangan phishing dan spam, pastikan akun email dan website Anda sudah menggunakan aplikasi anti-spam yang tersedia banyak di luar sana.

Kegunaan dari aplikasi anti-spam adalah untuk mendeteksi komentar-komentar spam yang berisi dengan malware berbahaya di website atau email Anda.

6. Gunakan Multi Factor Authentication 

Otentikasi multifaktor adalah proses otentikasi yang memerlukan lebih dari satu layer sarana verifikasi. Umumnya ini digunakan untuk bisa mengakses dan masuk ke dalam sistem dan jaringan tersebut.

Multifactor authentication bisa sesederhana memasukkan kata sandi yang mudah diingat. Namun, otentikasi ini juga bisa berupa penggunaan kode sandi dari pesan teks atau aplikasi password manager.

 

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved