• (024) 6723456
  • teknikkomputer@stekom.ac.id

Fitur baru di Windows 11

Microsoft resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya yakni Windows 11. Windows 11 ini baru diumukan bulan juni 2021 yang pasti banyak memiliki keuntungan menggunakan windows 11 ini.. Windows 11 adalah versi terbaru penerus dari versi sebelumnya yakni Windows 10. Pada versi sebelumnya, Microsoft telah menikmati kesuksesannya di mana Windows 10 sudah banyak diinstal diseluruh penjuru.

Berikut ini merupakan fitur baru yang ada di Windows 11:

  1. UI baru terinspirasi Macbook

Windows 11 mengdatangkan antar muka user (UI) yang clear dan modern dengan sudut membulat dan nuansa pastel. Perubahan terbesar yang akan Anda lihatadalah posisi baru Taskbar dengan Start Menu. UI-nya lebih halus dan memberikan realbilitas lebih dari iterasi Windows sebelumnya.

Windows telah melakukan Desain ulang besar-besaran dan menghadirkan berbagai elemen baru di seluruh platform. Start Menu sekarang lebih fungsional, dan Action Center mengikuti pendekatan UI seluler. Setting juga telah diubah dengan menu dan sub-menu, serta panel statis.

  1. Setting Media Universal 

Dengan Windows 11, Anda dapat mengontrol semua pemutaran media di PC Anda dari Pusat Aksi. Semuanya muncul di Pusat Aksi apa pun yang dimainkan. Anda dapat memutar video YouTube acak, lagu favorit di Spotify, atau video yang disimpan di PC, dan semuanya akan tampildi Pusat Aksi.

  1. Microsoft Store Baru

Windows 11 datang dengan Microsoft Store baru. Dirilis dari awal, dan sekarang mendukung aplikasi dari berbagai platform, termasuk Win32, .NET, UWP, Xamarin, Electron, React Native, Java, dan Progressive Web Apps.

Sekarang juga menawarkan tema dan ekstensi untuk browser Microsoft Edge. Windows 11 Microsoft Store juga datang dengan UI pemakai yang baru dan ramping untuk navigasi yang mudah.

  1. Aplikasi Android dan Amazon App Store

Windows sekarang dapat menjalankan aplikasi Android, dan itu juga bawaan. Lalu, Anda dapat melakukan sideload aplikasi yang ingin Anda jalankan di PC Anda.

Aplikasi Android didukung oleh prosesor Intel dan AMD. Windows 11 juga akan hadir dengan App Store untuk aplikasi Android yang didukung Amazon sehingga Anda tidak perlu melakukan sideload APK setiap saat.

  1. Widget 

Windows 11 baru hadir dengan widget, dan sangat mirip dengan apa yang terlihat di macOS Monterey. Kini Anda dapat melihat cuaca, berita, harga saham, skor di bagian widget. Dan juga bisa menyesuaikan bagian widget dan memberikan sentuhan pribadi.

  1. HDR Otomatis dan Refresh Rate Dinamis Gaming

Dengan Windows 11, Microsoft mengumumkan Kelebihan HDR Otomatis pada platform barunya. Fitur ini akan meningkatkan pengalaman menonton saat Anda bermain game.

Lebih lanjut, Windows 11 juga datang dengan dukungan untuk refresh rate dinamis. Jadi jika Anda memiliki layar dengan refresh rate yang tinggi, maka Anda akan dapat pengalaman menonton dan bermain gane yang mulus.

  1. File Explorer diDesain ulang

Windows 11 datang dengan File Explorer baru yang nampak modern dan diDesain ulang. tampil dengan ikon modern baru, menu konteks, dan bilah perintah baru di bagian atas. Desain baru juga berfokus pada fungsionalitas dan betapa mudahnya membuat manajemen file.

  1. pembaruan Windows Lebih cepat

Selama penginformasiannya, Microsoft menuturkan bahwa Windows 11 akan memberikan proses update yang jauh lebih fast. Windows 11 datang dengan dukungan untuk cara instalasi latar belakang, membuat update lebih fast dari sebelumnya. Selain itu, update baru akan menjadi 40 persen lebih kecil dari sebelumnya, menghemat data dan waktu pemakai.

  1. Tim Microsoft Terintegrasi

Setelah satu tahun bekerja dari rumah, Microsoft telah berkomitmen untuk mengintegrasikan aplikasi Teams ke Windows 11. Teams akan diintegrasikan langsung ke Taskbar untuk akses yang lebih simple. Juga, Microsoft Teams dapat menampilan ulang dengan kedatangan Windows 11.

  1. Peningkatan Dukungan Desktop Virtual

Windows 11 membuat dan mengakses Virtual Desktop lebih mudah, seperti macOS. Sekarang, Anda bisa mengakses desktop virtual yang dibuat dengan meng-klik ikon Desktop di Taskbar. Anda bisa mengganti nama atau menyusun ulang desktop di PC Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengatur wallpaper berbeda di desktop yang berbeda.

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved