• (024) 6723456
  • teknikkomputer@stekom.ac.id

Machine Learning yang biasanya disebut Pembelajaran Mesin adalah suatu cara atau proses belajar manusia yang diadaptasi oleh mesin untuk menyelesaikan masalah tertentu. Dalam mengadaptasi proses belajar manusia, dilakukan pendekatan oleh mesin agar apa yang terjadi secara biologis saat manusia belajar dapat diinterpretasikan dalam cara mesin. Oleh karena itu Neural Network muncul dalam Machine Learning sebagai adaptasi dari ‘proses belajar manusia’.

Seperti terjemahanya dalam bahasa Indonesia, Neural berarti Saraf dan Network berarti Jaringan, dimana dibentuk suatu model yang dapat bekerja meniru Jaringan Saraf biologis untuk menyelesaikan suatu tugas / task. Yang harus menjadi catatan adalah, model yang dihasilkan hanya melakukan aproximasi dan merupakan oversimplikasi dari Jaringan Saraf pada makhluk hidup.

Pertanyaan: Apakah Machine Learning layak untuk dipelajari?

Yap, Machine Learning sangat layak untuk dipelajari. Dewasa ini Machine Learning yang dapat belajar dari suatu data dan mengambil kesimpulan tertentu sudah mampu melawan performa dari program lain yang tidak menggunakan Machine Learning. Selain itu, perkembangan teknologi yang cukup cepat menjadikan Machine Learning sebagai cara yang tidak hanya menyelesaikan masalah, namun dapat mengembangkan performanya semakin baik seiring berjalanya waktu.

Terhitung tahun 2019, Machine Learning sudah digunakan dalam berbagai bidang. contoh: prediksi harga saham, prediksi cuaca, kompresi dan akuisisi data, penyelesaian game, sistem rekognisi suara, dan masih banyak lagi.

embelajaran pada Machine Learning terjadi karena lingkunganya. Maksudnya adalah proses ini akan terus belajar dan meningkatkan performanya dengan mengolah data yang disediakan oleh lingkungan.

Terdapat 4 tipe pembelajaran di Machine Learning:

  1. Supervised Learning
  2. Unsupervised Learning
  3. Semi-Supervised Learning
  4. Reinforcement Learning


 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved