• (024) 6723456
  • teknikkomputer@stekom.ac.id

Komponen elektronik adalah komponen yang paling kompleks dan sensitif, tidak jarang merusak jika komponen yang digunakan tidak cocok, misalkan daya berlebih, arus, pendek, dll. Selain itu tidak semua komponen atau perangkat elektronik dapat ditemukan dan dibeli dengan mudah, satu contoh osiloskop, spektrum analizer, generator fungsi, dll.

Oleh karena itu perangkat lunak simulasi dapat membatu proses merancang sirkuit elektronik sebelum dipatenkan langsung pada komponen. Tidak hanya itu, kita dapat menggunakan perangkat elektronik yang tidak dapat kita jangkau (beli dan temukan) seperti osiloskop dalam perangkat lunak simulasi.

LiveWire adalah aplikasi simulasi sirkuit elektronik yang mudah digunakan, terutama untuk pemula baru untuk belajar elektronik. Dalam aplikasi ini komponen komponen dasar komponen disediakan seperti resistor, kapasitor, op amp, dll. Dengan cara itu kita dapat merakit skema yang akan kita buat (anggap sirkuit RLC) kemudian mensimulasikannya, sehingga kita dapat melihat arus yang mengalir masuk Sirkuit.

Kemampuan program LiveWire membantu siswa dalam menyediakan desain sirkuit elektronik yang mudah, analisis dan simulasi sirkuit elektronik dengan formulir animasi yang terlihat menarik dalam memberikan gambaran tentang kinerja sirkuit elektronik. Merancang papan sirkuit cetak PCB dari program LiveWire dapat langsung diterapkan pada program Wizard PCB dengan mengkonversi. Dalam hal ini siswa dapat jauh lebih mudah, murah dan cepat dalam menyelesaikan pelajaran teori listrik dan elektronik. Untuk menjalankan pada PC, spesifikasi minimum diperlukan

  • IBM dengan prosesor x86 (CPU) Sistem Operasi (OS) Microsoft Windows XP atau yang lebih baru
  • 64 MB memori (RAM); Memori (RAM) 128 MB direkomendasikan (persyaratan memori tidak termasuk yang dibutuhkan oleh OS Anda)
  • 10 MB ruang hard disk yang tersedia
  • VGA atau monitor dengan resolusi lebih tinggi
  • Mouse Microsoft atau perangkat penunjuk yang kompatibel

Kemampuan, transistor , dioda, sirkuit yang terintegrasi IC dan ratusan komponen lain  dapat dihubungkan bersama untuk menyelidiki konsep tersembunyi atau fungsi yang tidak diketahui seperti tegangan, arus, dan beban. Tidak ada kesalahan seperti yang biasa terjadi pada realisasi rancangan sebenarnya dan tidak ada koneksi lepas atau komponen salahcacat. Juga tidak suka dikhawatirkan bahwa ada kelebihan maksimum yang melewati komponen untuk menyebabkan komponen terbakar atau meletus. Program LiveWire dapat digunakan sebagai salah satu perangkat lunak pembelajaran yang dibantu komputer berbantuan komputer. Cai adalah model instruksional yang melibatkan siswa dengan komputer secara langsung. Sehingga dalam tugas akan diberikan lembar pekerjaan, yang merupakan cara membuat desain, simulasi dan menganalisis dalam seri yang diberikan sehingga bukti teori sirkuit listrik dapat dipahami secara langsung oleh siswa


https://www.new-wave-concepts.com/pr/lw_req.html

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved