• (024) 6723456
  • teknikkomputer@stekom.ac.id

Tipe-tipe E-Commerce

B2C (Business to Costumers)


 Business to Cinsumer (B2C) adalah jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen, seperti antara produsen yang menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum secara online. disini pihak produsen akan melakukan bisnis dengan menjual dan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk melakukan bisnis kembali kepada pihak produsen, yang artinya produsen hanya menjual atau memasarkan produk ataupun jasanya dan pihak konsumen hanya sebagai pemakai atau pembeli.


B2B (Business to Business)


merupakan jenis bisnis yang dilakukan oleh orang atau pihak yang saling memiliki kepentingan bisnis, atau bisa juga disebut bisnis antar perusahaan.  


C2C (Customer to Customer)


merupakan model e-commerce yang menjamur di indonesia saat ini. C2C terjadi seorang individu melakukan penjualan produk atau jasa langsung kepada individu lainnya.


B2G (Business to Goverment)


suatu derivatif dari pemasaran B2B dan sering ditunjuk sebagai definisi pasar dari "pemasaran sektor publik" yang meliputi produk layanan pemasaran kepada para agen pemerintah melalui teknik komunikasi pemasaran yang terintegrasi, seperti hubungan masyarakat strategis, branding, marcom, periklanan, dan komunikasi berbasis web.

 

 

Consumer to Consumer (C2C)


consumer to consumer pada jenis e commerce ini transaksi penjualannya dilakukan antara konsumen dengan konsumen lainnya.

Nah, biasanya jenis e commerce ini membutuhkan wadah atau perantara untuk menghubungkan serta mempertemukan antar konsumen sehingga dapat terjadi transaksi.  Banyak metode pembayaran yang dapat dilakukan misalnya dengan cash on delivery (COD)

Saat ini, telah banyak juga website yang bisa mempertemukan antara penjual dengan pembelinya misalnya saja kaskus atau OLX

Contoh dari jenis e-commerce ini adalah OLX website yang salah satu bisa menjual produk barang bekas dari penjual ke konsumen.

 

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved